Kamis, 05 September 2013

Macam - Macam Gangguan Belajar

Gangguan membaca (dyslexia)
Gangguan ini mempengaruhi proses membaca, termasuk kesulitan accurate/fluent word recognitif, word decoding, reading rate, ekspresi dalam membaca, dan reading comprehension. Indikator yang paling umum adalah bila seseorang mengalami kesulitan dalam phonem, kemampuan untuk menyatukan bunyi dalam kata – kata atau memecah kata – kata dalam bentuk komponen bunyi, dan kesulitan dalam mencocokkan huruf atau hubungan antara huruf dan bunyi.

Gangguan Menulis (dysgraphia)
Seseorang yang mengalami kesukaran dalam bentuk ini kurang mampu untuk menulis, mengeja, dan mengkateorikan ide – ide serta komposisi. Dysgraphia secara khusus mengarah pada kesukaran dalam tulisan tangan.

Gangguan Matematika (dyscalculia)
Kesukaran matematika dapat disebabkan oleh kesulitan dalam mempelajari konsep – konsep matematis, misalnya jumlah, nilai tempat, dan waktu.

Dyspraxia mengarah pada berbagai kesulitan kemampuan motorik. Dyspraxia dapat berkaitan dengan kesukaran dalam melakukan suatu gerakan sederhana, misalnya menyisir rambut atau melambaikan tangan. Hal ini disebabkan seseorang mengalami kesulitan mengenai hubungan spasial misalnya kurang mampu menempatkan salah satu objek dengan tepat berhubungan dengan objek lainnya. (LS)


Sumber hand-out kesukaran belajar (Dr. Rahma Widyana, Mpsi, psikolog)

Tagged:

0 comments:

Posting Komentar