PUSAT PELAYANAN KELUARGA SEJAHTERA (PPKS) "KENCANA"

LATAR BELAKANG
Pentingnya pelayanan informasi untuk penyiapan berkeluarga bagi remaja, jaminan pelayanan KB dan KR, pertumbuhan dan perkembangan anak dan remaja dan ketahanan keluarga, ketahanan ekonomi dan kesejahteraan keluarga serta informasi kependudukan dan KB menuntut adanya suatu wadah atau tempat rujukan.
Keberadaan PPKS (dahulu bernama Parenting Center) membantu keluarga, remaja, dan kelompok kegiatan dalam hal pelayanan dan informasi serta rujukan bagi permasalahan yang dihadapi keluarga.


TUJUAN UMUM
Pusat pelayanan informasi dan rujukan Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR), jaminan pelayanan KB dan KR, pertumbuhan dan perkembangan anak dan remaja dan ketahanan keluarga, ketahanan ekonomi dan kesejahteraan keluarga serta informasi kependudukan dan KB.


TUJUAN KHUSUS
  1. Memberikan pelayanan informasi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR),
  2. Memberikan pelayanan informasi jaminan pelayanan KB dan kesehatan reproduksi,
  3. Memberikan pelayanan informasi tumbuh kembang anak dan ketahanan keluarga,
  4. Memberikan pelayanan informasi ketahanan ekonomi dan kesejahteraan keluarga,
  5. Memberikan pelayanan data informasi kependudukan dan keluarga berencana,
  6. Menggalang kemitraan jejaring kerja dengan instansi terkait, LSM, dan ormas lain.


 STRATEGI
  1. Meningkatkan advokasi dan KIE Program Kependudukan dan Keluarga Berencana,
  2. Mengembangkan kemitraan dari kelompok kegiatan dengan lembaga lain,
  3. Mengoptimalkan peran serta masyarakat dan potensi wilayah,
  4. Mengembangkan berbagai kegiatan serta tempat rujukan dan memberikan rujukan ke instansi/lembaga terkait


SASARAN
  1. Keluarga mempunyai anak dan remaj (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) serta pengelola kelompok kegiatan,
  2. Remaja dan Pengelola PIK Remaja/Mahasiswa serta Konselor Sebaya atau Pendidik Sebaya (PS),
  3. Pasangan Usia Subur (PUS) yang belum KB atau sudah KB,
  4. Keluarga yang mempunyai usaha atau kelompok UPPKS.


RUANG LINGKUP
  1. Informasi
  2. Konseling
  3. Advokasi
  4. Rujukan dan merujuk sesuai permasalahan
  5. Pendampingan (bila diperlukan)


ARAH PENGEMBANGAN
  1. PPKS Kencana dikembangkan, dikelola oleh tenaga yang profesional di bidangnya,
  2. PPKS Kencana sebagai pelayanan informasi PKBR, KB-KR, tumbuh kembang anak dan ketahanan keluarga, ketahanan ekonomi, kesejahteraan keluarga, serta Data Informasi Kependudukan dan KB memperjelas dan meningkatkan keterampilan di bidangnya,
  3. Pengembangan dengan prinsip sebagai ramah anak, remaja dan keluarga dengan prinsip salam, sapa dan senyum,
  4. PPKS Kencana sebagai tempat pelayanan Informasi kependudukan dan KB yang terpadu dan holistik,
  5. Diarahkan sebagai laboratorium untuk praktik lapangan dalam berbagai pelatihan.


FASILITAS YANG DISEDIAKAN
  1. Ruang khusus konseling, pelayanan dan pertemuan,
  2. Memiliki konselor yang dapat diakses sesuai bidangnya,
  3. Memiliki hotline konsultasi melalui telepon, email, sms, web-blog, facebook, twitter, surat dan tatap muka,
  4. Memiliki jaringan pelayanan dan rujukan medis dan nonmedis,
  5. Perpustakaan mini (buku tentang anak, remaja, dan keluarga) serta food model gizi,
  6. Jaringan dengan organisasi sejenis (RS Happy Land Medical Center Yogyakarta, RSUP dr. Sardjito, Rifka Annisa, Rekso Dyah Utami, dll).


KEGIATAN
  1. Konseling tumbuh kembang anak dan remaja,
  2. Pelayanan tumbuh kembang balita dan remaja serta pelayanan lain sesuai dengan kebutuhan orng tua dan balita, anak dan remaja,
  3. Pelayanan KB dan kesehatan reproduksi,
  4. Pelayanan konsultasi pengembangan usaha,
  5. Kegiatan dilakukan di dalam dan di luar ruangan dengan prinsip home based parenting center,
  6. Kegiatan berupa KIE, konseling, advokasi, dan rujukan,
  7. Menggunakan tatap muka, surat media cetak, dan elektronik (telepon, internet, sms, facebook, twitter, web-blog)
  8. Melayani informasi dengan klien datang sendiri atau outreach,
  9. Melayani rujukan dan merujuk sesuai dengan permasalahan yang ada.