Jumat, 26 Juli 2013

Kamis, 25 Juli 2013 yang lalu, Perwakilan BKKBN DIY menyelenggarakan presentasi hasil karya tulis pada Lomba Penulisan Kreatif Kependudukan tingkat DIY. Lomba ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu remaja (usia 15-19 tahun) dan dewasa muda (usia 20-24 tahun). Karya tulis yang terkumpul berjumlah 59 karya tulis yang terdiri dari 23 karya tulis untuk kategori remaja dan 36 karya tulis untuk kategori dewasa muda. Dari karya tulis tersebut, terpilih 10 karya tulis terbaik untuk setiap kategori.

Penilaian terhadap karya tulis selanjutnya ditentukan melalui presentasi dari para finalis di depan dewan juri. Dewan juri yang menilai diketuai oleh Dr Setiadi (PSKK UGM); sekretaris - Dra Umi Haryati (BKKBN); beranggotakan Cahyaningrum Dewojati, S.S., M.Hum. (UGM); Endang Mulyaningsih, SIP, M.Hum. (ISI Yogyakarta); dan Ary Giyarto (Ketua IPKB DIY).

Acara ini dibuka oleh Dra. Tjondorini, M.Kes (Kepala Perwakilan BKKBN DIY). Dalam sambutannya, menyatakan kegembiraannya atas kepedulian para remaja terhadap masalah kependudukan di Indonesia. Kepedulian itu diwujudkan dalam lomba karya tulis. Mengingat Indonesia menghadapi masalah kependudukan yang sangat berat, peran kaum remaja yang jumlahnya sangat besar sangat diharapkan. Dia berharap, kepedulian ini tidak hanya berhenti sampai tulisan saja. Tetapi aktif dalam berbagai program yang ada untuk mengatasi masalah ini. Pemahaman pengetahuan tentang kependudukan ini perlu disosialisasikan kepada teman-teman dan lingkungannya.

Pemenang Lomba Penulisan Kreatif Kependudukan ini adalah
1) Kategori Remaja
a. Juara I - Prayoga Akbar Pandegatama, judul tulisan "Ada Bangga, Mentega dan Kolega dalam PILKB"
b. Juara II - Surya Jatmika, judul tulisan "Sekolah Bersama : Solusi Pasti Hadapi Pernikahan Dini"
c. Juara III - Sarah Sekar Langit, judul tulisan "Adoh Ratu Cerak Watu, Suatu Usaha untuk Mengubah Keadaan Bangsa Indonesia"

2). Kategori Dewasa Muda
a. Juara I - Rufaida Nurjanah, judul tulisan "Optimalisasi Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Permasalahan Kependudukan Indonesia"
b. Juara II - Nuzul Sri Hertanti, judul tulisan "Great: Peer Group-Based Empowerment of Youth Generations"
c. Juara III - Wahyu Roma Ratnasari, judul tulisan "Menggugah Kepedulian Remaja Terhadap Masalah Kependudukan"

Penyerahan hadiah akan dilaksanakan di Kepatihan Yogyakarta pada malam tirakatan memperingati HUT ke-68 Kemerdekaan RI. Pemenang I akan diikutkan pada Lomba Penulisan Kreatif Kependudukan tingkat nasional. Mohon doa dari sahabat sekalian agar wakil dari DIY dapat menjadi pemenang di tingkat nasional.

Selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi pada lomba ini. Sampai jumpa di ajang perlombaan lainnya.
Salam GenRe!

Tagged: ,

0 comments:

Posting Komentar