Senin, 10 September 2012

C.  PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS


Kemana arah perkembangan psikologis remaja?
Secara emosional remaja bergerak ke arah mandiri lepas dari orang tua atau mereka yang lebih tua dan membentuk hubungan dan minat yang baru.

Apakah perubahan emosional ini dapat dilalui dengan mudah?
Tidak, sehingga juga disebut dengan masa pancaroba.
Apa yang dimaksud dengan masa pancaroba?
Adalah di mana seorang remaja mulai menyesuaikan sikapnya sebagai orang dewasa karena adanya perubahan pada tubuhnya serta bertambahnya pengetahuan (baik yang benar maupun keliru) tentang dirinya.

Ciri-ciri seorang remaja sedang memasuki masa pancaroba? 
  • Mulai meninggalkan ketergantungan kepada keluarga dan ketenangan masa kecil, ke arah dunia dewasa yang penuh frustasi, persaingan dan kekecewaan jika tidak mampu memenejemen diri dengan baik.
  • Mulai mempelajari sikap serta pandangan yang berbeda tentang moral dan seksualitas antara sikap dan pandangan yang dianut keluarganya dengan yang ada di dunia luar.
  • Mulai menghadapi konflik dan harus memutuskan berapa norma yang harus diambil dari luar, serta berapa banyak ajaran orang tuanya yang harus dia tolak.
Bagaimana remaja melalui masa pancaroba ini?
Sebagian remaja mampu menyesuaikan diri tanpa mendapatkan kesulitan apa-apa. Tetapi selama masa penyesuaian, remaja akan bersikap irasional, mudah tersinggung, dan sulit dimengerti. Hal ini karena adanya konflik dalam dirinya, frustasi, kebimbangan, dan bahkan keputusasaan. 

Adakah ciri-ciri lain dari masa ini?
Ada, yaitu mulai muncul kebutuhan akan privasi, keintiman, dan ekspresi erotik. Pada masa ini mulai tumbuh ketertarikan pada lawan jenisnya dan keinginan untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan lawan jenisnya.

Tagged: , ,

0 comments:

Posting Komentar