Jumat, 27 April 2012


KERANGKA ACUAN KEGIATAN
PENTAS KOMEDI GENRE
(SOSIALISASI PROGRAM PEMBANGUNAN KEPENDUDUKAN DAN KB MELALUI SENI BUDAYA)
TAHUN 2012

I.                    Latar Belakang
Sampai saat ini, Indonesia menempati posisi negara ke-4 yang berpenduduk paling besar setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Hasil sensus penduduk tahun 2010 juga memperlihatkan pertumbuhan penduduk yang kian tinggi. Hasil Sensus Penduduk tahun 2010 menunjukkan jumlah penduduk saat ini sebanyak 237,6 juta jiwa. Padahal jauh-jauh hari para pakar kependudukan menargetkan pertumbuhan penduduk pada tahun 2010 mencapai 235 juta jiwa. Hal ini menandakan bahwa pertumbuhn penduduk melewati batas target sebanyak 2,6 juta jiwa.

Dari total populasi penduduk tersebut 27,6 persennya atau sekitar 64 juta adalah penduduk remaja (10-24 tahun) artinya dari 4 penduduk Indonesia 1 orang adalah remaja. Sebagai generasi penerus bangsa, remaja perlu dibekali nilai-nilai luhur Negara kesatuan Republik Indonesia. Dalam perspektif kependudukan dan keluarga berencana, remaja menjadi populasi yang patut mendapatkan perhatian khusus. Hal tersebut tidak hanya menyangkut jumlahnya yang besar, juga menyangkut kulitasnya. Beberapa persoalan yang dihadapi kalangan remaja antara lain sebagai berikut : kawin muda, perilaku seks pra nikah, nrkoba, dan HIV dan AIDS.

Intervensi tehadap remaja berkaitan erat dengan upaya perwujudan keluarga sejahtera di masa depan. Sejak tahun 2010, BKKBN meluncurkan kampanye GENRE atau Generasi Berencana, yaitu sebuah upaya sosialisasi program KKB yang ditujukan untuk membantu remaja agar mereka memiliki pengetahuan, bersikap dan berperilaku sebagai pemuda, namun penuh dengan perencanaan matang dalam menapaki masa depan. Sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang-jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Upaya sosialisasi GenRe telah dilakukan melalui berbagai media, namun harus diakui belum optimal sehingga perlu lebih ditingkatkan. Tahun 2012 BKKBN akan menyelenggarakan SOSIALISASI PROGRAM GENRE MELALUI LOMBA SENI BUDAYA DALAM BENTUK PENTAS KOMEDIAN TINGKAT NASIONAL. Seni komedian (lawak) diakui masyarakat menjadi perhatian dan minat publik, bahkan di setiap daerah memiliki beragam lawak yang mampu menghibur masyarakat dan isi pesan mudah diterima. Melalui seni komedi dalam sosialisasi program ini, pesan-pesan kependudukan dan KB mudah dicerna di masyarakat termasuk kalangan muda.


II.                  Maksud dan Tujuan
A.      Maksud :
Penyelenggaraan Kegiatan Pentas Komedi GenRe tingkat Nasional tahun 2012 dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan advokasi dan KIE program pembangunan Kependudukan dan KB dengan memperhatikan kearifan lokal. Sekaligus sebagai upaya pelembagaan dan pembudayaan program KKB kepada masyarakat.

B.      Tujuan Umum :
Meningkatkan pemahaman dan kesadaran, sikap dan perilaku positif masyarakat khususnya remaja terhadap program pembangunan kependudukan dan keluarga berencana.

C.      Tujuan Khusus :
1.       Meningkatkan pemahaman, dan kesadaran serta perilaku positif masyarakat khususnya remaja terhadap kehidupan reproduksi yang sehat dan bertanggung jawab.
2.       Membudayakan kearifan lokal sebagai cara advokasi dan KIE program pembangunan kependudukan dan KB kepada masyarakat agar program mudah diterima masyarakat.
3.       Memberikan apresiasi kepada masyarakat.

III.                Thema
Thema Umum :
GenRe, saatnya yang muda yang berencana.
Sub Thema :
1.       Say No to Drugs, Say No to Free Sex
2.       Masa depan lebih indah tanpa narkoba
3.       Rencanakan masa depanmu, tunda perkawinanmu

IV.                Waktu dan Tempat
A.      Waktu
1.       Pendaftaran paling lambat hari Jum'at, tanggal 18 Mei 2012
2.       Seleksi Tingkat provinsi dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 20 Mei 2012
B.      Tempat/lokasi
1.       Tempat pendaftaran di Ruang Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) Perwakilan BKKBN Provinsi DIY, Jalan Kenari No. 58 Timoho (CP : 085 743 726 813)
2.       Seleksi Tingkat provinsi dilaksanakan di kantor Perwakilan BKKBN Provinsi DIY, Jalan Kenari No. 58 Timoho

V.                  Kriteria Lomba
1.       Peserta Lomba : setiap grup terdiri dari 3 orang (usia peserta 15-30 tahun)
2.   Isi pesan yang disajikan dalam bahasa nasional Indonesia, dan setiap peserta menggunakan kostum daerah untuk mencerminkan kearifan lokal
3.       Durasi waktu setiap penampilan maksimal 10 menit
4.       Setiap peserta membawa dan menyiapkan atribut pendukung penampilan, seperti : Yel-yel sesuai tema, kostum dan tata rias.

VI.                Tim Penilai dan Aspek-Aspek Penilaian
A.      Tim Penilai
Tim penilai sebanyak 5 orang, terdiri dari : Budayawan, ahli komunikasi, unsur media, kementerian pariwisata dan kebudayaan, dan unsur BKKBN.
B.      Aspek-aspek yang dinilai
1.       Isi pesan                           60%
2.       Etika dan estetika           30%
3.       Ketepatan waktu             10%

VII.              Hasil yang Diharapkan
1.       Terselenggaranya kegiatan Pentas GenRe tahun 2012 sebagai bentuk Sosialisasi Program KKB melalui seni budaya komedi.
2.       Meningkatkan cakupan masyarakat dan remaja yang mendapatkan informasi tentang Program pembangunan kependudukan dan KB melalui media massa.
3.       Meningkatkan sikap positif remaja yang ditunjukkan dalam perilaku kehidupan reproduksi yang sehat dan bertanggung jawab.
4.       Meningkatnya peran danpartisipasi stakeholders serta mitra kerja dalam advokasi dan KIE program kependudukan dan KB.

VIII.            Penutup
Demikian kerangka acuan Pentas Komedi GenRe tahun 2012 di buat sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.

Tagged:

0 comments:

Posting Komentar